Bakal Launching 2020, Kota Malang Jadi Pilot Project Millenial Job Center

Wagub Jatim Emil Dardak (Foto: Imarotul Izzah/MalangTIMES)
Wagub Jatim Emil Dardak (Foto: Imarotul Izzah/MalangTIMES)

GRESIKTIMES, MALANG – Pembangunan Millenial Job Center (MJC) menjadi salah satu program unggulan yang ditawarkan oleh pasangan Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa dan Wakil Gubernur (Wagub) Jatim Emil E Dardak. 

Rencananya, MJC yang digadang-gadang bisa menekan angka pengangguran itu akan di-launching pada 2020 mendatang. Kota Malang bakal dijadikan pilot project program MJC. 

Wagub Jatim Emil E Dardak mengungkapkan bahwa Malang dipilih karena merupakan kota pendidikan sekaligus menjadi bagian dari proyek pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Singosari. 

"Kami ingin menjadikan KEK Singosari sebagai digital center atau technopolis di Jatim layaknya Sillicon Valley di Amerika Serikat," terang Emil dalam rilis, Jumat (17/5/2019).

Program MJC akan menyiapkan job training dan skill tambahan bagi lulusan S1 maupun pendidikan vokasi. 

Selain itu, juga membantu starting up usaha dan promosi bagi wirausahawan muda. 

"Melalui MJC yang sedang dibangun di lima Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) di beberapa daerah ini, anak muda bisa belajar sambil bekerja atau on the job learning sampai mereka benar-benar siap dilepas ke dunia kerja," jelasnya. 

Emil menambahkan, pemerintah pun akan mencarikan maupun menerima klien yang membutuhkan jasa dari profesi-profesi tersebut.

Para klien juga bisa memilih opsi sesuai budget. Baik yang ingin menggunakan tenaga kerja yang belum berpengalaman, sudah memiliki pengalaman, maupun yang telah memiliki jam terbang tinggi. 

"MJC yang telah matang akan siap sepenuhnya sebagai ekosistem dunia kerja di era industri 4.0," sebutnya.

Emil juga memastikan perusahaan e-commerce yang sudah bekerja sama dengan Jatim, nantinya bakal memberi bimbingan kepada pengusaha milenial yang mau belajar di MJC. 

"Sejauh ini, Pemprov Jatim sudah menggandeng Bukalapak, GoJek, Google, Kapanlagi dan Youniverse yang disiapkan sebagai mentor di MJC," tuturnya. 

"Mereka (e-commerce) pun siap membimbing generasi milenial yang tertarik menjadi freelancer profesional, dan menekuni berbagai profesi dalam gig economy (pekerjaan yang tidak terikat) di era 4.0 ini," jelasnya. 

Dia mengatakan profesi gig economy yang biasanya digemari anak muda di antaranya seperti fotografer, web developer, content creator, Event Organizer (EO), digital marketing, social media management, sampai vlogger. 

Pewarta : Nurlayla Ratri
Editor : Heryanto
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]gresiktimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]gresiktimes.com | marketing[at]gresiktimes.com
Top