Usai Ditambal, Kawasan Ir. Rais Sudah Dihotmix, Begini Komentar Warganet

Pembenahan jalan berlubang di kawasan Ir. Rais dengan cara dihotmix setelah sebelumnya ditambal oleh Dinas PUPR Kota Malang, Selasa (21/5/2019) malam (@sutiaji1964).
Pembenahan jalan berlubang di kawasan Ir. Rais dengan cara dihotmix setelah sebelumnya ditambal oleh Dinas PUPR Kota Malang, Selasa (21/5/2019) malam (@sutiaji1964).

GRESIKTIMES, MALANG – Usai ditambal beberapa saat lalu, kawasan jalan Ir. Rais akhirnya sudah dilakukan pengaspalan dengan hotmix pada Selasa (21/5/2019) malam. Jalanan yang sempat menjadi bulan-bulanan warganet dan masyarakat karena kondisinya teramat parah itu pun terlihat berangsur mulai mulus.

Hal itu tampak pada video berdurasi singkat yang diunggah Wali Kota Malang Sutiaji pada Rabu (22/5/2019) pagi. Dalam video itu tampak beberapa petugas membenahi jalan di kawasan Ir. Rais dan jalan sudah tampak mulai mulus kembali.

"Setelah dilakukan penambalan beberapa hari yang lalu di Jl. Ir Rais dinihari tadi dilakukan pengaspalan dengan hotmix," cuit Sutiaji melalui akun resmi twitternya @sutiaji1964.

Unggahan Sutiaji itu pun mendapat beragam respons dari warganet. Sebagian besar menyampaikan rasa terima kasihnya lantaran jalan dihotmix sesuai dengan jadwal yang direncanakan. Sebagian lagi berharap agar pemerintah memperhatikan beberapa jalanan di kawasan lain yang mengalami kerusakan lumayan parah juga.

"Mantap pak, Alhamdulillah," tulis @PetaniMilenial.

"Pak jalan candi panggung pak. Bolongnya semakin banyak semakin dualeeeemmmm," tulis @riowidiyan.

Sebelumnya, Wali Kota Malang Sutiaji menjelaskan, proses pembenahan jalan rusak memang harus melalui beberapa tahapan. Salah satunya adalah penambalan terlebih dulu, sebelum akhirnya dilakukan penyelesaian secara menyeluruh dengan cara dihotmix.

"Masyarakat harus paham, ini menjadi salah satu proses sebelum akhirnya dihotmix," katanya saat ditemui di Balai Kota Malang belum lama ini.

Setelah ditambal, maka akan dilakukan tahap uji lab berkaitan dengan kualitas aspal yang digunakan tersebut. Setelah dinilai memenuhi kualifikasi, maka akan langsung dilanjutkan dengan proses hotmix secara menyeluruh.

"Kalau langsung dihotmix sekarang itu nanti jadinya ngelontok. Karena harus ada uji lab dulu untuk mengetahui kepadatan hingga kontur jalan di sana juga," tambah pria berkacamata itu.

 

 

Lebih jauh dia menjelaskan, pembenahan ruas jalan rusak tersebut sepenuhnya menggunakan APBD 2019. Anggaran itu sesuai dengan yang disiapkan setelah lelang berhasil dilakukan. Secara bertahap, sekitar 70 titik akan dibenahi.

"Kami tidak lakukan diskresi, tapi ini anggaran murni setelah lelang berhasil. Karena sebelumnya memang ada beberapa paket yang gagal lelang. Salah satunya seperti di Jl. Candi Panggung," urainya.

Sementara itu, berdasarkan perencanaan, dalam tahap awal ini Pemkot Malang akan membenahi beberapa titik yang dinilai paling membutuhkan sentuhan. Diantaranya adalah Jl.  Ir.  Rais, Jl. Kahuripan, Jl.  Mayjen Panjaitan,  Jl.  Zaenal Zakse - Jl.  Muharto, Jl.  Kebalen Wetan, Jl.  Aris Munandar.

Kemudian Jl.  Untung Suropati Utara - Untung Suropati Selatan, Jl.  Ade Irma Suryani - Jl.  Pasar Besar, Jl.  Kh.  Ahmad Dahlan, Jl. Bunga Cengkeh - Jl.  Kalpataru, Jl.  S.  Supriadi, dan Jl. WR.  Supratman. Pengerjaan sudah dimulai pada Senin (6/5/2019) kemarin malam di dua titik, yaitu Jl. Ir Rais dan Mayjend Panjaitan.

Pewarta : Pipit Anggraeni
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]gresiktimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]gresiktimes.com | marketing[at]gresiktimes.com
Top