Tanggap Gawat Darurat saat Arus Mudik, Dinkes Pemkab Blitar Terapkan PSC

Ilustrasi.(Foto : riaumandiri.co)
Ilustrasi.(Foto : riaumandiri.co)

GRESIKTIMES, BLITAR – Warga maupun pemudik yang mengalami sakit mendadak atau kecelakaan bakal mendapatkan penanganan medis secara cepat. Itu setelah Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar bakal menerapkan public safety center (PSC). PSC merupakan unit penanganan pertama kasus emergency atau gawat darurat dengan penanganan cepat dan tanggap.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Kabupaten Blitar dr Christine Indrawati mengatakan, PSC merupakan bentuk upaya menyelamatkan nyawa dan kecacatan korban gawat darurat. “Tujuan PSC yakni agar orang yang mengalami gawat darurat baik sakit atau kecelakaan bisa mendapatkan penanganan medis secara cepat,” jelas  Christine.

Direncanakan, PSC akan diterapkan awal Juni mendatang atau bertepatan dengan Lebaran. Tahap awal penerapan PSC akan dipusatkan di RSUD Ngudi Waluyo Wlingi dan sejumlah puskesmas di kabupaten Blitar.

Untuk bisa mengakses PSC, warga bisa menghubungi tempat medis terdekat melalui sambungan telepon dengan nomor 119. “Apabila warga membutuhkan penanganan medis secara mendadak, misalnya sakit atau lainnya, bisa langsung menghubungi call center 119,” paparnya,

Dia mengatakan, penerapan PSC wajib dilakukan karena sesuai dengan instruksi Kementerian Kesehatan tentang PSC. Dengan harapan, untuk mempercepat penanganan dan pertolongan pada korban butuh penanganan segera. Selanjutnya operator akan menanyakan lokasi orang yang butuh penanganan medis. “Dari lokasi tersebut, operator akan menghubungi ambulans tercepat,” pungkasnya. 

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Blitar TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]gresiktimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]gresiktimes.com | marketing[at]gresiktimes.com
Top