Pemkot Malang Ingin Kembangkan Bakso Malang ke Wilayah Jawa-Bali

Wali Kota Malang Sutiaji (berkacamata) (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)
Wali Kota Malang Sutiaji (berkacamata) (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)

GRESIKTIMES, MALANG – Tak hanya terkenal dengan sebutan kota pendidikan, Kota Malang juga memiliki beragam kuliner yang ditunggu - tunggu wisatawan. Salah satunya produk Baksonya.

Tak ingin hanya itu - itu saja, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melalui Perusahaan Daerah (PD) Rumah Potong Hewan (RPH) bakal mengembangkan produk olahan daging berupa pentol berskala besar. 

Rencananya, produk ini akan diedarkan se - Jawa dan Bali, bahkan tembus pasar nasional dan Nigeria.

”Saya sudah melakukan sidak ke RPH, ternyata saya melihat banyak potensi yang bisa dikembangkan disini. Harusnya ini tanpa menunggu Perda baru,” kata Wali Kota Malang Sutiaji.

Sebelumnya, Pemkot Malang juga telah merencanakan perubahan PD RPH menjadi Perusahaan Umum Daerah Tugu Aneka Usaha (Perumda Tunas). 

Program yang rencananya masuk dalam Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) diharapkan tuntas sebelum bulan Agustus tahun ini.

"Di sana (RPH) fasilitasnya lengkap sekali, dengan perubahan perusahaan menjadi Perumda Tunas itu nanti banyak yang bisa dikembangkan. Seperti masalah packaging daging, saya kita itu bisa dikuatkan," imbuh dia.

Sutiaji menjelaskan, jika sudah ada owner ritel modern yang siap bekerjasama untuk distribusi pentol dan sosis wilayah Jawa-Bali. 

Bahkan hal itu juga sudah ada pembicaraan dengan Duta Besar Indonesia untuk Nigeria terkait permintaan distribusi pentol.

”Masalah olahan daging ini saya sambut baik. Saya minta pentol bakso segera dibuat. Begitu juga hak intelektualnya, namanya apa, biar tidak dimasuki oleh pengusaha - pengusaha lain," jelasnya.

Upaya tersebut menurutnya sekaligus sebagai salah satu cara dalam menguatkan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kota Malang. 

Karena, jika sudah berubah menjaxi Perumda akan banyak unit usaha di dalamnya. 

"Kalau kata Pak Sekda ini akan jadi Perumda raksasa, termasuk di dalamnya nantu ada urusan bengkel dan lainnya,” tandasnya.

Pewarta : Arifina Cahyati Firdausi
Editor : Heryanto
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]gresiktimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]gresiktimes.com | marketing[at]gresiktimes.com
Top