Belasan Ribu Warga Kabupaten Blitar Terancam Diabetes Melitus

Ilustrasi.(Foto : Poskota)
Ilustrasi.(Foto : Poskota)

GRESIKTIMES, BLITAR – Lebih dari 12 ribu warga Kabupaten Blitar berpotensi mengidap diabetes melitus. Hal ini diketahui setelah dilakukan deteksi dini oleh petugas maupun kader-kader kesehatan di Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Blitar.

Dari deteksi dini ini, juga diketahui sebagian besar masyarakat tidak menyadari bahwa telah memiliki penyakit kronis tersebut. "Kesadaran masyarakat untuk melakukan pemeriksaan dini juga masih rendah," kata Kasi Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa Dinkes Kabupaten Blitar Muji Astuti.

Akibatnya, sambung dia, ada banyak orang yang tidak menyadari bahwa yang bersangkutan telah mengidap penyakit  tersebut.

Di sisi lain, pada stadium awal, gejala atau efek dari diabetes melitus tidak begitu terlihat. Selain pola makan, penyakit diabetes melitus ini dipicu oleh faktor bawaan dan keturunan. 

Menurut Muji,  ada orang yang sedari kecil atau lahir dengan kelainan organ tubuh. Yakni pankreas tidak bisa berkembang atau bahkan tidak berfungsi sehingga rentan terhadap penyakit gula darah ini.

Selain itu, anak yang lahir dari orang tua yang mengidap penyakit ini juga berpotensi besar memiliki penyakit yang sama. "Untuk faktor keturunan ini, tidak semua keturunan mewarisi penyakit ini, tapi potensinya sangat besar," katanya.

Dia mengungkapkan, selama ini dinas sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai penyakit tidak menular tersebut. “Harapannya masyarakat semakin paham mengenai penyakit ini dan melakukan pencegahan dengan menerapkan pola hidup sehat,” pungkasnya.

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Blitar TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]gresiktimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]gresiktimes.com | marketing[at]gresiktimes.com
Top