Pameran Aplikasi Multimedia Interaktif Berbasis Android di SMKN 4 Kota Malang (Foto: istimewa)
Pameran Aplikasi Multimedia Interaktif Berbasis Android di SMKN 4 Kota Malang (Foto: istimewa)

Ada yang menarik dari pameran tugas akhir siswa kelas 12 Jurusan Multimedia di SMKN 4 Kota Malang. Pameran tersebut memperlihatkan 140 poster mengenai aplikasi multimedia interaktif berbasis android karya siswa. 

Pengunjung yang datang melakukan scan pada QR Code yang tersedia di poster tersebut untuk menikmati karya mereka.

"Di dalam posternya itu ada QR Code-nya. Barcode-nya di-scan, langsung dia terhubung sama alamat, kemudian tinggal di-download di-instal dan bisa dinikmati di handphone pengunjung masing-masing," papar Iba Mardhatama, Guru Multimedia SMKN 4 Kota Malang.

Iba menyatakan, pameran berbasis android ini baru pertama kalinya dilakukan Jurusan Multimedia SMKN 4. Sebelumnya pameran dilakukan secara offline.

"Ini baru pertama kali, biasanya interaktifnya hanya offline. Tahun-tahun sebelumnya diburning dalam CD. Kalau mau nge-play otomatis CD-nya dimasukkan dalam CD ROM," katanya.

Pemanfaatan android ini dilakukan lantaran generasi milenial yang cenderung gadget mania. Ketergantungan siswa terhadap gadget ini kemudian dimanfaatkan Iba untuk membuat tugas yang berhubungan dengan gadget.

Benar saja, akhirnya para siswa sangat bersemangat dan antusias dengan adanya tugas ini. Hanya saja, lantaran baru saja beradaptasi, masih ada beberapa kekurangan.

"Mereka semua excited. Hanya beberapa siswa saya lihat kurang bijak menyikapi kapasitas hasilnya. Semisal, dalam interaktif mereka videonya itu resolusinya kurang kecil sehingga data yang harus di-download pengunjung itu banyak. Ada yang sampai 100 mega lebih. Jadi kebesaran. Tapi rata-rata di bawah 100 mb, 50-an," bebernya.

Pameran tersebut terbagi atas 3 tema besar. Kelas 12 MM-A dengan tema tentang profil sekolah. Kemudian kelas 12 MM-B dan 12 MM-C tentang media pembelajaran guru (mata pelajaran normatif, adaptif, atau produktif). Sementara untuk kelas 12 MM-D membuat profil Technopark SMKN 4.

Banyak antusiasme datang dari para pengunjung luar, siswa, maupun guru terhadap pameran tersebut. Untuk itu, tahun depan Iba akan mengusahakan pameran yang lebih baik lagi. Apalagi, karya-karya mereka juga bisa dimanfaatkan oleh para guru di SMKN 4.

"Saya melihat antusiasme dari siswa di intern sekolah ini juga lumayan ada sambutan yang baik. Banyak guru juga mengapresiasi. Kemarin juga ada dari anak DKV UM berkunjung ke tempat kita," pungkasnya.