Alat sanitizer sepatu yang diklaim dapat menghilangkan virus. (Foto: Pathog3n Solutions).
Alat sanitizer sepatu yang diklaim dapat menghilangkan virus. (Foto: Pathog3n Solutions).

Kampanye pencegahan covid-19 dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) masih terus digencarkan. Salah satunya dengan selalu mencuci tangan pakai sabun atau memakai hand sanitizer. 

Namun, pencegahan covid-19 tak hanya di situ. Salah satu restoran di Florida, Amerika Serikat, misalnya, secara khusus menyediakan alat sanitizer untuk sepatu atau alas kaki.

Alasannya, sebagai langkah pencegahan penularan covid-19 saat para pengunjung masih harus menyantap makanan di restoran bernama Island Grill and Raw Bar di kawasan Tierra Verde, Florida, itu.

Dilansir dari berbagai sumber, pemilik restoran Bob Mueller mengungkapkan, alat sanitasi tersebut dipasang untuk memberikan rasa nyaman dan aman bagi pengunjung saat makan di restoran.

"Jadi, jika kebetulan seseorang masuk ke restoran dan sesuatu (kotoran, bakteri atau virus) mengenai lantai, kami tidak ingin dia masuk membawa bakteri ke restoran," katanya.

Alat tersebut tampak seperti timbangan berat badan digital, namun memiliki sensor tersendiri yang berfungsi untuk membersihkan bakteri atau kuman.

Pathog3n Solutions dan COO-nya, Scott Beal, sebagai pencipta alat tersebut membeberkan cara kerja alat sanitasi tersebut. Yakni, seseorang cukup berdiri layaknya ingin menimbang berat badan. Lalu akan ada instruksi sudah siap dan tunggu. Sekitar 8 detik kemudian, maka alat akan berbunti beep.

Baca Juga : Unggah Konten Remehkan Covid-19, Beauty Vlogger Indira Kalistha Tuai Kritik Warganet

 Alat ini diklaim bisa menghilangkan kotoran yang ada di sepatu hingga 99,999 persen. Alat tersebut dilengkapi pula dengan teknologi sinar UVC dan ozon. Awalnya, Scott membuat alat ini hanya untuk keperluan rumah sakit. Namun kini berekspansi ke tempat lain. Salah satunya restoran.

Ia menyarankan agar alat sanitasi sepatu tersebut ditempatkan di dekat pintu masuk, pintu keluar, dan area yang banyak dilalui orang berlalu lalang.