Update Peta sebaran Pasien Covid-19 di Jember (foto : istimewa / Jatim TIMES)
Update Peta sebaran Pasien Covid-19 di Jember (foto : istimewa / Jatim TIMES)

Update jumlah pasien Covid-19 di Kabupaten Jember semakin mengkhawatirkan, bahkan per 5 Juni jumlah pasien Covid-19 di Jember ada tambahan 7 pasien baru, sehingga total sampai saat ini jumlah pasien Postif Covid-19 di Jember mencapai 55 orang, dengan rincian 9 dinyatakan sembuh, 3 meninggal dan 43 dalam perawatan.

Dari 31 kecamatan yang ada di Jember, data yang diterima media ini menyisakan 9 kecamatan yang tidak ada pasien Positif Covid-19, diantaranya kecamatan Semboro, Bangsalsari, Jenggawah, Mayang, Mumbulsari, Silo dan Umbulsari, sedangkan kecamatan dengan jumlah pasien tertinggi yakni 11 orang ada di Kecamatan Jombang yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Lumajang.

Baca Juga : PSBB Selesai, Pos Penjagaan di Kota Malang Ini Masih Dipertahankan

“Cluster Jombang kontak erat dengan pasien ke 30 yang dirawat di rumah sakit Lumajang, mereka terdiri dari 1 keluarga dan tetangganya yang masih kerabat dengan pasien ke 30,” ujar Bupati Jember dr. Faida MMR.

Sedangkan untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP), sampai hari ini tercatat 184 orang, dimana 101 selesai dalam pengawasan, 33 orang masih dalam pengawasan, 34 dinyatakan meninggal dimana dari yang meninggal ini, 21 korban dinyatakan negatif Covid-19, 8 di rapid test reaktif dan 5 orang non reaktif.

Sementara dari data yang diterima media ini, pasien termuda yang terkonfirmasi Positif Covid-19 adalah Balita usia 6 bulan yang merupakan pasien ke 54 asal Perumahan Mangli Permai, dimana riwayat awal, bayi tersebut merupakan PDP dengan keluhan demam, flu, dan penyakit penyerta Kejang Demam (KDK), dan SIRS (System Respiratory Sindrome).

Kemudian oleh tim medis, pada tanggal 29 Mei balita tersebut dilakukan rapid test dengan hasil non reaktif, kemudian pada tanggal 2 Juni dilakukan Swab, kemudian pada tanggal 5 Juni hasil swab menunjukkan jika balita tersebut terkonfirm POSITIF Covid-19.