Wakil Bupati Lumajang Ir. Hj. Indah Amperawati M.Si (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)
Wakil Bupati Lumajang Ir. Hj. Indah Amperawati M.Si (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)

Sejak Pemkab Lumajang menerapkan aturan harus pakai masker untuk mengurangi penularan Covid-19, Wabup Lumajang Ir. Indah Amperawati menilai, kesadaran masyarakat terus meningkat untuk penggunaan masker ketika keluar rumah.

Dalam pengamatan Wabup Lumajang, tingkat kesadaran masyarakat terus membaik. Di jalanan, terutama menuju wilayah kota, rata-rata masyarakat sudah menggunakan masker.

Baca Juga : Lama Vakum, Apel Pagi Perdana Seluruh ASN Pemkot Batu Kembali Digelar

 

"Saya setiap keluar dari kantor untuk satu acara sambil mengamati, ternyata kesadaran masyarakat sudah cukup baik dan patuh dengan aturan penggunaan masker. Mungkin karena sekarang sudah banyak sekali yang berjualan masker, sehingga masyarakat dengan mudah sudah bisa mendapatkan masker dengan harga yang terjangkau," kata Bunda Indah, panggilan akrabnya.

Seiring dengan pelonggaran yang diberikan Pemkab Lumajang, yang masih menjadi persoalan adalah jaga jarak. Banyak masyarakat yang masih belum terbiasa untuk menjaga jarak dalam aktivitas sehari-hari sesuai dengan protokol Covid-19.

"Mungkin lambat laut kesadaran untuk jaga jarak, misalnya ketika di pasar, di warung dan sejumlah acara lainnya, akan semakin membaik. Ini soal waktu dan saya berharap masyarakat Lumajang tetap patuh dengan protokol Covid-19," ujarnya kemudian.

Sementara untuk tempat cuci tangan, sudah cukup banyak tempat umum yang menyediakan tempat cuci tangan.

Baca Juga : Zona Kuning, Wali Kota Kediri Ajak Mahasiswa Berperan Aktif Hadapi Covid-19

 

"Harapan saya, untuk tempat cuci tangan benar-benar dimanfaatkan oleh masyarakat. Jadi jangan hanya disediakan, namun harus digunakan agar Lumajang nantinya benar-benar terbebas dari Covid-19," harapnya kemudian.